Donderdag 21 Maart 2013

Arti World Wide Web (www) di Internet


. pengertian wwwPasti Anda sudah tidak asing dengan tiga huruf ini”www” pada saat akan browshing di internet. Artikel TIK akan membahas apa sih www itu dan bagai mana sejarah www dimulai.
Sistem pengakses informasi dalam internet yang paling terkenal adalah World Wide Web atau disingakat WWW juga dikenal dengan nama singkatan web. Pada tahun 1990 World Wide Web diluncurkan di CERN, Labolatorium Fisika Partikel Eropa, Jenewa, Swis. Tujuan awalnya adalah untuk menciptakan media yang mudah untuk berbagi informasi antara para fisikawan dan ilmuwan.
Wbe menggunakan protokol yang disebut HTTP kepanjangan dari HyperTest Transfer Protocol yang berjalan pada TCP/IP. Adapun dokumen web ditulis dalam format HTML (Hyper Markup Languange). Dokumen ini diletakkan dalam web server yang melayani permintaan halaman web dan diakses oleh klien atau pengakses informasi melalui perangkat lunak yang disebut web browser atau sering disebut browser saja.
Konsep hypertext tersebut digunakan pada web sebenernya telah dikembangkan jauh dari sebelum kehadiran web itu sendiri. Dengan endeatan hypertext ini, seseorang dapat melompat dari satu dokumen ke dokumen lainnya. Dokumen-dokumen yang diakses pun dapat terebat di pelbagai mesin dan bahkan di berbagai negara.
Bagai jaring laba-laba, jejaring web telah mebentang ke seluruh penjuru dunia. Tidak terbatas pada lembaga-lembaga penelitian yang ingin memublikasikan hasil riset, web juga banyak digunakan oleh perusahaan bisnis yang ingin mengiklankan produk atau untuk melakukan transaksi penjualan.
Berikut ini beberapa istilah dasar dalam web yang perlu Anda ketahui, yaiut;
Link atau hyperlink adalah suatu teks yang menjadi referensi ke dokumen lain. Bila teks ini diklik, maka dokument yang dirujuk ditampilkan
Hypermedia adalah sistem pengambilan informsi berbasis koputer yang tidak hanya menggunakan teks sebagai penghubung ke dokumen lain, tetapi tjuga bisa melibatkan gambarm suara dan bahkan video.
Website atau situs web adalah kumpulan halaman web, gambar, video ataupun suara yang diletakkan dalam sebuah web server. Sebagaimana telah dibahas sebelumnya, web server adalah suatu server yang melayani permintaan terhadap suatu halaman website.
Informasi yang terdapat pada web disebut halaman website atau web page
Homepage kadang ditulis home page adalah dokumen yang akan dijalankan ketika suatu situs web disebutkan tanpa menyebutkan nama dokumen. DOkumen ini menjadi tampilan utama bagi suatu situs web.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking